Makalah Fungsi dan Peranan Musik Non Tradisional

Makalah Fungsi dan Peranan Musik Non Tradisional
Gitar

BAB I
PENDAHULUAN 

1.1     Latar Belakang Masalah
             Dalam penyusunan karya tulis ini kami akan membahas fungsi dan peranan musik non tradisional dalam kontek kehidupan sehari-hari untuk memenuhi salah satu tugas dari guru mata pelajaran Seni Budaya dan disertai dengan rasa keingintahuan kami mengenai musik non tradisional.

1.2     Rumusan Masalah
1.    Apakah musik tradisional itu ?
2.    Bagaimanakah karakteristik musik non tradisional ?
3.    Apakah fungsi peranan musik non tradisional ?

1.3     Tujuan Penulisan
1.    Untuk memenuhi salah satu tugas dari guru mata pelajaran seni budaya
2.     Untuk menjelaskan fungsi dan peranan musik non tradisional
3.    Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang musik non tradisional

1.4     Metode Penulisan
             Metode yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ini yakni :
·         Perumusan masalah dan tujuan penulisan
·         Penyusunan hipotesa penulisan
·         Menentukan objek penulisan
·         Teknik pengumpulan data
·         Analisis dan interprestasi data
·         Penarikan kesimpulan
1.5     Kegunaan Penulisan
            Supaya kita lebih mengetahui mengenai fungsi dan peranan musik non tradisional.


BAB II
PEMBAHASAN
  
2.1    Pengertian Musik Non Tradisional
            Berbeda dengan musik tradisional, musik non tradisional atau yang sering disebut sebagai musik modern, tidak lahir dari budaya suatu masyarakat tertentu. Musik tersebut dibagun berdasarkan satu aturan komposisi yang jelas, seperti sistem notasi, tangga nada, tekstur, serta instrumen yang dikenal masyarakat secara luas dan mudah dipelajari. Selain itu musik modern bersifat terbuka. Artinya, komposisi dan gaya musik sangat dipengaruhi oleh berbagai pengalaman musikal para musisi dari setiap masa. Dengan demikian, kritik terhadap suatu komposisi tertentu manjadi hal yang biasa dilakukan. Tidak mengehrankan, suatu komposisi atau gaya musik modern tertentu menjadi hilang atau ditinggalkan oleh masyarakat dan diganti dengan gaya musik yang baru.
2.2     Aliran Musik Modern
            Berdasarkan sifat tersebut, para ahli musik mengategorikan musik modern sebagai musik populer, yaitu musik yang sedang disenangi masyarakat pada kurun waktu tertentu. Contoh jenis musik populer yang berkembang di Indoneisia sesuai aliran dasarnya adalah musik jazz, rock, R&B, Country, dangdut, reggae, dan pop.
1.    Musik Jazz
            Musik Jazz merupakan jenis musik yang dikembangkan pertama kali oleh orang-orang Afrika-Amerika. Musik ini berakar dari New Orleans, Amerika Serikat, pada akhir abad ke 19. Musik Jazz merupakan pembaruan berbagai jenis musik, antara lain blues, ragtime, brass-band,
2.3     Karakteristik Musik Non Tradisional
            Sebagaimaan telah kita ketahui bahwa musik merupakan bagian dari budaya dan ekspresi manusia. Di dalam musik terdapat tatanan ritmis yang berhubungan dengan otak kanan. Musik memungkinkan kita mengalami keterhanyutan dan keterhubungan dengan sesuatu yang mempesona.
             Dari pembahasan mengenai musik non tradisional dapat dijelaskan bahwa, musik non tradisional meruapakan musik yang sudah dipengaruhi oleh budaya barat namun tumbuh dan berkembang di Indonesia. Musik modern juga memiliki aliran-aliran musik.
             Setiap aliran musik yang berkembang memiliki latar belakang berbeda, karena biasnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain, ideologi, agama, kondisi politik, ekonomi, alam, budaya dan sosial masyarakat. Hal-hal seperti itulah yang membuat setuap aliran musik memiliki ciri khas atau karakter yang berbeda-beda. Baik itu karakter, melodis, karakter ritmis, karakter harmonis, maupun ekpresi. Lalu apakah yang dimaksud dengan karakter-karakter tersebut.
             Karakteristik musik tidak bisa terlepas dari unsur-unsur musik yang sangat penting. Yang termasuk dalam unsur-unsur musik yaitu ritme, melodi, harmoni, dan ekspresi. Setiap unsur saling mendukung satu dengan yang lainnya. Apabila musik hanya terdiri dari ritme saja, akan terdengar janggal, karena hanya terdengar irama-irama tanpa nada. Apabila musik terdiri dari melodi saja maka akan terdengar sebuah melodi tanpa iringan. Hal ini juga tidak enak didengar. Demikian pula dengan musik yang hanya memiliki unsur harmoni. Hanya akan terdengar iringan akor saja tanpa ritimis dan melodis. Akan tetapi ketiga unsur tersebut tidak akan sempurna apabila tidak dimainkan dengan ekspresi atau ungkapan perasaan melalui ekspresi.
1.   Karakteristik Ritmis Musik Modern  
   Musik ritmis pada musik modern merupakan salah satu ciri khas masing-masing aliran musik. Untuk dapat mengetahui pola ritmis masing-masing aliran musik, maka akan ditunjukkan masing-masing pola dengan notasi alat musik drum.
2.   Karakteristik Melodis Musik Modern
   Melodi adalah satu unsur penting dalam musik. Setiap aliran musik memiliki perbedaan melodi yang juga merupakan ciri khas masing-masing      aliran musik. Hanya aliran musik populoer saja yang tidak terlalu kuat karakteristik melodisnya.
Musik populer cenderung merupakan musik dengan melodi yang tergolong sederhana dan mudah diikuti sehingga tidak ada ciri khusus yang dapat menandai bentuk melodi musik populer. Oleh karena itu aliran musik ini tidak dapat dikategorisasikan karakteristik melodisnya. Pokok utama musik ini adalah mudah diikuti. Jadi setiap bentuk lagu dengan melodi yang mudah diikuti dapat tergolong sebagai bagian dari musik populer.
3.   Karakteristik Harmonis Musik Modern
             Karakteristik harmonis musik modern maksudnya adalah ciri khas harmonis masing-masing aliran musik. Sama seperti melodisnya, musik populer juga tidak memiliki karakteristik khusus untuk harmoninya. Hal ini akan sangat bergantung pada bentuk melodi yang ada pada musik tersebut.
4.   Karakteristik Ekspresi Musik Modern
             Karakteristik ekspreasi adalah ciri khas setiap aliran-aliran musik pada saat mengungkapkan musiknya. Dengan kata lain ekspresi adalah ungkapan perasaan atau penjiwaan melalui pakaian/kostum, make up, tarian, suara, dan dekorasi tempat pentas.
      Selain itu ciri lain dari musik non tradisional/modern yaitu terlihat pada pemain musiknya, yakni pemain musiknya terspesialisasi pada suatu jenis alat musik atau instrumen tertentu.
2.4     Fungsi dan Peranan Musik Non Tradisional
Sejak awal peradaban hingga masa era globalisasi saat ini, musik tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Dengan bentuknya yang abstrak musik menjadi salah satu kebutuhan penting manusia yang tak terelakan.  Dengan demikian musik (baik itu musik tradisional maupun musik non tradisional) memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Maka fungsi dan peranan musik non tradisional yaitu sebagai berikut :
1)        Sebagai Media/Sarana Penyaluran Hobi
Melalui musik non tradisional (Modern) kita dapat menyalurkan hobi kita dalam bidang musik dengan penuh ekspresi dan sebas-bebasnya asalakn tidak melebihi batas kebebasan atau mampu mengartikan maksud dari kebebasan itu. Sebab apabila kita mampu nyalurkan hobi kita akan mampu menggali bakat dan potensi kita.
2)        Sebagai Ajang Adu Prestasi/Bakat
Bisa kita lihat di televisi banyak acara-acara televisi sebagai ajang adu prestasi/bakat/menggali potensi para generasi muda, sehingga mereka mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, khususnya dalam bidang musik.
3)        Sebagai Media Hiburan dan Bermain
Fungsi ini paling muncul dalam masyarakat pada umumnya. Biasanya musik menjadi pilihan mereka untuk mendapatkan kesenangan dan sebagai pelipur lara hati yang sedang galau.
Musik non tradisional (Modern) yang juga dapat digunakan sebagai pendukung permainan baik itu permainan untuk dewasa maupun akan-anak, hal ini ditunjukkan dengan adanya games show di televisi yang bertemakan musik modern.
4)        Sebagai Pengiring Berbagai Jenis Tarian Modern
Banyak sekali tarian modern masa kini seperti salsa, dance, break dance dan sebagainya yang diriringi dengan alunan musik modern. Sebab pada umumnya tarian-tarian tersebut mengikut alunan musik. Dan memang tarian seperti inilah yang banyak digemari oleh kaum muda pada umumnya.
5)        Sebagai Media Komunikasi
Dengan musik kita mampu mengungkapkan/menyampaikan isi hati kita, dalam keadaan bagaimanapun. Selain itu dengan musik modern kita juga dapat menyampaikan aspirasi kita yang berupa dukungan maupun penolakan terhadap suatu kebijakan yang mungkin dianggap pelu untuk diperbaiki karena manyangkut kesejahteraan masyarakat dan demi kemajuan bangsa dan negara.
Dengan kata lain musik dijadikan sebagai media/sarana komunikasi baik itu secara langsung maupun tidak langsung.
6)        Sebagai pengiring pada berbagai pertunjukkan baik itu drama, teater, mapun musikalisasi puisi
Istilah drama, teater, dan musikalisasi puisi merupakan hal yang tak asing lagi ditelinga, pasalnya banyak sekali pertunjukkan drama, teater, mapun musikalisasi puisi yang sering ditampilkan. Dalam setiap pertunjukkannya selalu diiringi oleh alunan musik sebab iringan alunan musik akan lebih menghidupkan suasana yang ingin dibangundalam setiap pertunjukkan tersebut, sehingga lebih mempermudah dalam penyampaian cerita atau maksud dari pertunjukkan tersebut.
7)        Sebagai sarana penghormatan
Peran musik sebagai sarana penghormatan dijumpai dalam beberapa kitan kesusastraan kuno. Pasalnya hingga sekarang juga musik non tradisional banyak digunakan untuk memberi penghormatan pada tokoh/pahlawan bangsa yang telah gugur/meninggal dunia dan sebagainya.
8)        Sebagai sarana sosial
Pada masa kini bbanyak sekali musik non tradisional (modern) yang dijadikan sebagai ajang untuk membantu sesama. Hal ini terlihat dari adanya sebuah raliti show dalam televisi yang melibatkan para musisi. Para musisi tersebut mengerahkan segenap kemampuannya dengan menampilkan karya-karya musiknya di depan umum (mengamen) untuk menolong orang-orang yang sedang kesusahan atau membutuhkan uluran tangan.
9)        Sebagai sarana mencari nafkah
Musik juga berperan sebagai sarana untuk mencari nafkah, terutama bagi para musisi. Beberapa prasasti dan kesusastraan kuno ada yang menyebutkan upah bagi para pemain musik. Besar imbalan untuk setiap pertunjukkan pun tidaklah sama. Sampai saat ini pun para musisi, penyanyi, dan pencipta lagu juga seperti itu. Merekalah orang-orang yang mencari nafkah lewat karya-karya, kemampuan dan potensi yang dimilikinya dalam seni musik.
10)     Sebagai sarana untuk memperoleh popularitas
Popularitas itulah yang menggiurkan dan menarik perhatian setiao orang, baik itu generasi muda mapun orang tua saat ini. Karena mereka beranggapan dengan popularitas, mereka dapat memperoleh segala sesuatu yang diinginkannya dengan mudah dan mudah dikenal oleh orang banyak. Bukti saat ini banyak para musisi yang mampu go internasional karena buah dari popularitasnya di jagat hiburan.


BAB III
PENUTUP 

3.1    Kesimpulan
            Sebagaimana telah kita ketahui bahwasanya musik tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia karena memiliki fungsi dan peran penting bagi kehidupan manusia.

3.2    Saran
·         Kami mengharapkan dengan semakin majunya IPTEK, kita mampu menyalurkan bakat dan potensi kita dalam bidang musik.
·         Kepada para generasi muda yang mempunyai hobi/bakat di bidang musik harus bisa menjadikan musik tersebut sebagai sarana untuk menyalurkan hobi yang positif dan menguntungkan. Jangan meniru gaya musisi yang tidak pantas.
·         Dengan karya tulis ini, kami mengharapkan kepada siswa-siswi yang membacanya agar dapat menjadikan suatu dorongan untuk meraih cita-cita, Khususnya dibidang seni musik.


DAFTAR PUSTAKA


Sachari, Agus. Seni Musik SMA Kelas XII. Erlangga : 2005

Sachari, Agus. Seni Musik SMA Kelas X. Erlangga : 2005
Tag : Makalah
0 Komentar untuk "Makalah Fungsi dan Peranan Musik Non Tradisional"

Silahkan tinggalkan komentar Anda, terima kasih

Back To Top